Kamis, 08 April 2010

Pengertian Ilmu (bag 1)



Secara bahasa, yaitu lawan dari Jahl (kebodohan). ilmu itu adalah mengetahui sesuatu sesuai pada kenyataannya dengan pengetahuan yang pasti.

Menurut Istilah, yaitu sebagian ulama berkata:" Ilmu adalah pengetahuan, lawan dari kebodohan". sebagian yang lain berkata:" Sesungguhnya ilmu itu lebih jelas dari sekedar didefinisikan". Yang kami maksud ilmu disini adalah ilmu syar'i, dan yang dimaksud dengan ilmu syar'i adalah segala sesuatu yang diturunkan Allah SWT kepada rosul Nya berupa keterangan-keterangan dan petunjuk, maka ilmu yang mendapat pujian disini adalah ilmu wahyu, ilmu tentang perkara yang diturunkan oleh Allah saja.
Rosululloh saw bersabda: 
"Barang siapa yang diinginkan kebaikan baginya maka  Allah pahamkan agama kepadanya" (HR Al bukhori).

Dan rosululloh saw bersabda:
"Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham dan mereka hanya mewariskan ilmu. Barang siapa mengambil ilmu maka ia telah mengambil bagian yang besar" (HR Abu Daud)

Merupakan perkara yang telah diketahui bahwa warisan para nabi itu hanyalah ilmu syari'at Allah swt dan bukan yang lainnya, maka para nabi tidak mewariskan kepada manusia ilmu tentang perindustrian dan yang berkaitan dengan dunia. bahkan ketika rosululloh saw datang dikota madinah mendapatkan manusia menyerbukkan pohon kurma agar bisa berbuah, maka rosululloh saw bersabda kepada mereka ketika beliau melihat letihnya mereka, nabi mengatakan yang maksudnya bahwa hal tersebut tidak perlu dilakukan. Mereka mematuhi perkataan nabi saw, mereka meninggalkan penyerbukan itu, akan tetapi pohon-pohon kurma itu akhirnya rusak (tidak berbuah). Kemudian nabi saw bersabda kepada mereka:
"Kalian lebih mengetahui tentang urusan dunia kalian" (HR Muslim).

Bersambung ke bag 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review moslemopinion.blogspot.com on alexa.com